Postingan

Penjelasan Baris dan Deret

Gambar
Pelajaran matematika materi Baris dan Deret. Baris dan Deret ada dua macam yaitu aritmatik dan geometri. Nah disini akan dijelaskan secara singkat tentang Baris dan Deret. Silahkan dinikmati J.



A.Pengertian Baris – bilangan yang diatur dengan pola tertentu. Contoh dari baris 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 Deret – jumlah seluruh bilangan dari suatu barisan. Contoh dari deret 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10
Baris dan Deret emang terlihat hampir sama, maka sebagai pembeda yang perlu kalian ingat adalah tanda koma(,) dan plus(+). Jadi kalo kalian liat bilangan berjejer, dan yang ada di bilangan itu adalah koma(,) maka itu adalah Baris, sebaliknya kalo yang ada di bilangan itu adalah plus(+) maka itu adalah Deret.
B.Aritmatika Aritmatika itu polanya berupa penjumlahan. Contoh

Nah, digambar udah keliatan pada baris aritmatika itu polanya adalah tambah 2. Jadi kalo kalian mau nerusin maka terusannya itu 18, 20, 22, 24, 26,… dan seterusnya.

Kalo yang diatas itu baris aritmatika trus gimana buat y…

Penjelasan Kuartil, Desil, dan Persentil

Gambar
Kalian pasti tidak asing dengan kata kuartil, apalagi bagi yang seneng pelajaran matematika. Kuartil dibagi menjadi beberapa bagian yaitu kuartil ke-1, ke-2, dan ke-3. Nah, mari kita pelajari lebih lanjut tentang kuartil dan saudaranya yaitu desil, dan persentil.

A.Pengenalan Kuartil Mari kita mulai dengan kuartil. Kalian memang tidak asing dengan kata kuartil. Tapi, apa kalian tau arti dari kata kuartil? Kuartil adalah nilai yang menandai batas interval dari sebaran frekuensi yang berderet dalam empat bagian sebaran yang sama. Kalo belum paham berikut adalah gambaran dari kuatil dalam data tunggal.
Pada gambar diatas terdapat 3 kotak berwarna, yaitu warna merah, kuning, dan hijau. Warna merah menandakan Kuartil ke-1, warna kuning menandakan Kuartil ke-2, dan warna hijau menandakan Kuartil ke-3.
Pada pengertian kuartil tadi disebutkan “empat bagian sebaran yang sama”. Nah, yang dimaksud dari kalimat tersebut adalah angka 1, 3, 5, dan 7 pada kotak atas, dan angka 1 dan 2, 3 dan 4, 5 dan 6,…